Saturday, August 25, 2012

Pentingnya ASI


Setiap orang tua pasti selalu mendambakan anak- anak mereka tumbuh cerdas dan pintar. Maka, untuk menunjang semua itu, orang tua harus memperhatikan dengan jeli kebutuhan gizi dan nutrisi untuk tumbuh kembang otak buah hati mereka.

Di usia kehamilan enam bulan sampai anak menginjak usia tiga tahun, adalah masa paling penting bagi tumbuh kembang otak anak. Dalam masa itu, mereka membutuhkan berbagai macam nutrisi-nutrisi penting. Lantas, bagaimanakah cara orang tua memenuhi nutrisi yang diperlukan buah hati mereka?. Salah satunya adalah dengan memberikan ASI.

ASI merupakan makanan yang paling lengkap dan seimbang. ASI mengandung semua kebutuhan gizi yang diperlukan anak, seperti Tyrosine dan Tryptophane, AA, DHA, ALA, IA dan KOLIN, Vitamin A,C dan E, dan Sialic Acid.
Selain itu, ASI juga mengandung protein yang tinggi, dan perbandingan antara Whei dan Casein yang ada, sangat sesuai untuk bayi. Rasio Whei dengan Casein merupakan salah satu keunggulan ASI dibandingkan dengan susu sapi. ASI mengandung whey lebih banyak yaitu 65:35. Komposisi ini menyebabkan protein ASI lebih mudah diserap. Sedangkan pada susu sapi mempunyai perbandingan Whey :Casein adalah 20 : 80, sehingga tidak mudah diserap.
Baru- baru ini, para peneliti dari Institute for Social and Economic Research (ISER) di University of Essex and Oxford telah menemukan bahwa pada saat berusia 8 tahun, anak-anak yang mendapatkan meminum ASI sejak dini, ternyata memiliki nilai IQ lima kali lebih tinggi.
Dan bagi para ibu yang memberikan ASI kepada anak- anaknya, akan membuat ikatan kasih sayang ibu dan bayi terjadi karena berbagai rangsangan seperti sentuhan kulit. Bayi akan merasa aman dan puas karena bayi merasakan kehangatan tubuh ibu dan mendengar denyut jantung ibu yang sudah dikenal sejak bayi masih dalam rahim.




0 comments:

Post a Comment