Sunday, August 19, 2012

BAHAYA KONSUMSI MINUM KOPI

Bahaya Kopi bagi KesehatanMungkin belum lengkap rasanya jika kita bersantai didepan rumah sambil baca koran tanpa ditemani secangkir kopi hangat. bahkan sebagian orang untuk memulai hari nya untuk bekerja membutuhkan secangkir kopi.
Meski minum kopi sungguh nikmat, dan mempunyai manfaat bagi tubuh kita. namun kita juga harus waspada tentang bahaya mengonsumsi kopi secara berlebihan.
Berikut informasi tentang bahaya kopi yang saya baca dari beberapa media di internet, yang mengkaji tentang bahaya dari minum kopi.

Kopi menyebabkan detak jantung lebih cepat
Sebagaimana dinyatakan oleh Harvard Health Publications, salah satu risiko kesehatan dan bahaya kopi adalah peningkatan yang signifikan pada detak jantung manusia. Kopi bertindak sebagai stimulan sistem saraf pusat, yang pada gilirannya menyebabkan jantung memompa lebih cepat.
Bahkan para ahli memberikan peringatan bagi seseorang yang mengidap penyakit atau gejala serangan jantung, gangguan ginjal dan tekanan darah tinggi tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi kopi tidak lebih dari secangkir per hari. Bagi para wanita, konsumsi kopi secara berlebihan dapat mengurangi kesuburan hingga meningkatkan dapat resiko terjadinya osteoporosis pada wanita usia menopause.
Kopi dapat meningkatkan asam lambung sehingga menyebabkan penyakit maag.
Dalam penelitian lain tentang manfaat kopi dan bahaya kopi menyebutkan bahwa kopi sebagai penyebab penyakit maag, tukak lambung, dan tukak usus halus, dikarenakan kopi meningkatkan asam lambung dalam jangka waktu yang lama. Jadi, buat para penderita penyakit iniada baiknya menghindari konsumsi minum kopi.
Mengonsumsi Kopi secara berlebih dapat mengundang serangan jantung dan stroke.
Journal of Neurolgy tahun 2002 dalam penelitannya menyimpulkan mengonsumsi kopi lebih dari 5 gelas perhari dapat meningkatkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat pada tubuh dan darah akan lebih pekat, sehingga menyebabkan endapan lemak, penyempitan pembuluh darah yang beresiko mengundang serangan jantung maupun stroke.
Kandungan kopi dapat menimbukan seseorang menjadi Insomnia atau susah tidur
Menurut Mayo Clinic, Kopi dapat mengakibatkan insomnia atau sulit tidur. Efek utama kopi terjadi dalam sistem saraf pusat berupa rangsangan, yang menyebabkan peningkatan kesadaran atau kewaspadaan. Mengonsumsi kopi dapat menyebabkan penggunanya mengalami masalah tidur.
Bagi wanita hamil tidak disarankan mengonsumsi kopi secara berlebihan
Seorang peneliti Sven Cnattingius dari Karolinska Institute, Swedia, menyimpulkan bahwa wanita hamil yang mengkonsumsi 100 mg kafein/hari akan lebih mudah mengalami keguguran. Pada wanita hamil juga tidak disarankan mengkonsumsi kopi dan makanan yang mengandung kafein. Hal ini karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Sehingga akan mempengaruhi janin yang dapat menyerang plasenta dan masuk kedalam sirkulasi darah janin.
Nah, bagi Anda para penggemar kopi, para ahli menyarankan untuk minum kopi secara wajar. Hindari minum lebih dari lima cangkir kopi dalam sehari. Meminum kopi memang nikmat, namun menjaga kesehatan jauh lebih penting daripada menikmati kopi secara berlebihan.





0 comments:

Post a Comment